Archives
-
Bunga Rampai Perkoperasian Dalam Rangka Dies Natalis Ikopin University Ke-61
2025Bunga Rampai Perkoperasian merupakan kumpulan 19 tulisan dari para akademisi sebagai persembahan dalam rangka Dies Natalis Universitas Koperasi Indonesia ke-61, disusun dalam rangka memfasilitasi berbagai pemikiran perkoperasian, dan dikemas menjadi 5 (lima) kelompok tema yaitu; Kelembagaan Koperasi, Pengembangan Usaha Koperasi, Modernisasi Koperasi, Literasi
Koperasi dan Keberadaan Posisi Koperasi Secara Global.ISBN: 978-623-89367-3-1
-
Book Chapter Pendidikan dan Aspek Usaha Koperasi
2025Pendidikan dan Aspek Usaha Koperasi menjadi tema Book Chapter edisi kali ini. Bab-bab (chapters) menunjukkan pemikiran yang berkaitan dengan pemaknaan normatif dan saran ataupun usulan (kiat) dalam mengembangkan koperasi dan Usaha Kecil Menengah untuk memiliki kinerja positif dalam seluruh dimensi organisasi-organisasi tersebut.
Tulisan pengelolaan atau manajemen sumber daya manusia koperasi mengaitkan dengan pencapaian tujuan koperasi yaitu member promotion yang membutuhkan partisipasi aktif dari seluruh SDM koperasi yaitu pengurus, pengawas, manajer, karyawan dan anggota. Partisipasi aktif anggota bergantung pada kinerja koperasi dalam memberikan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan anggota, oleh karena itu pembahasan tentang karyawan yang menjalankan operasional usaha koperasi atau pelayanan kepada anggota menjadi esensial. Karyawan berhak mendapatkan penilaian kinerja untuk akhirnya pengurus atau manajer dapat menentukan reward atau punishment bagi karyawan.
Partisipasi aktif SDM anggota juga ditentukan oleh budaya organisasi koperasi, salah satunya dalam keterbukaan informasi. Pemangku kepentingan koperasi memiliki hak untuk mengetahui seluruh aktivitas yang dijalankan koperasi. Dalam interaksi SDM koperasi dan pemangku kepentingan kemungkinkan terjadi situasi di mana perbedaan pendapat atau kepentingan memerlukan negosiasi sebagai salah satu upaya dalam manajemen konflik. Teknik komunikasi juga memiliki peran dalam meningkatkan partisipasi anggota. Melalui teknik komunikasi yang tepat diharapkan efektif mengubah sikap kognisi, afeksi dan konasi anggota tentang peran mereka sebagai pemilik (owner) dan pelanggan (user) sehingga anggota memiliki komitmen berkoperasi dan meningkatkan partisipasi aktif mereka.
Dimensi bisnis atau usaha koperasi menekankan pada kiat bagaimana mengelola risiko yang mungkin terjadi (risk manajemen). Manajemen risiko mencakup semua hal yang memiliki relevansi dengan upaya-upaya untuk mengamankan perusahaan termasuk sumber daya, aset dan proses-proses di perusahaan. Aspek lain yang harus diperhatikan dalam dimensi bisnis adalah pemberian pelayanan prima kepada anggota. Identifikasi kebutuhan anggota secara tepat dapat menentukan prioritas pelayanan. Selain itu dalam Book Chapter ini termuat konsep-konsep yang mengarah pada kebijakan pengembangan bisnis yang menekankan pada pembahasan teori struktur pasar dan pengembangan lembaga.
Era digitalisasi juga menjadi dasar penulisan para penulis dengan pembahasan berkaitan dengan Big Data Analysis, bagaimana strategi inovasi digital dapat diimplementasikan dan penerapannya dalam digital marketing UKM. Aspek lainnya adalah aspek keuangan yang menjelaskan aspek-aspek kebijakan, perhitungan dan pengukuran serta pelaporan.
Publikasi Book Chapter edisi ini bertujuan untuk menambah referensi yang dapat didiskusikan, dilakukan pengujian dan diterapkan. Tulisan yang dirujuk tentu akan berkontribusi pada pengembangan pengetahuan, ilmu dan teknologi. Oleh karena itu Tim Redaksi membuka peluang untuk para penggiat koperasi dan UKM turut serta menorehkan pemikirannya dalam Book Chapter yang kami terbitkan.