Membangun Koperasi Modern: Pendekatan Komunikasi untuk Pemberdayaan Generasi Milenial dan Gen Z
Abstract
Realitas demografi Indonesia menunjukkan peluang besar: menurut proyeksi Badan Pusat Statistik, pada tahun 2024 sekitar 68 persen penduduk Indonesia berada pada usia produktif, didominasi oleh generasi milenial dan Gen Z. Namun, potensi tersebut belum sepenuhnya terwujud dalam dunia perkoperasian. Data terbaru dari Indonesian Consortium for Cooperative Innovation (ICCI) tahun 2024 mengungkapkan, anggota koperasi dari Generasi Z masih sangat rendah, hanya sekitar 6% dari total anggota koperasi nasional, meskipun secara populasi mereka adalah mayoritas. Artinya, dari 100 anggota koperasi, hanya 6 orang yang berusia 12–27 tahun. Sementara itu, jumlah koperasi aktif di Indonesia pada 2024 tercatat sebanyak 130.119 unit, meningkat dari tahun-tahun sebelumnya setelah proses rasionalisasi dan pembubaran koperasi tidak aktif.
References
Blumler, J. G., & Katz, E. (1974). The Uses Of Mass Communications: Current Perspectives On Gratifications Research. Sage Publications.
Menarianti, et.al., (2021). E-Commerce. CV. Eureka Media Aksara.
Grunig, J. E., & Hunt, T. (1984). Managing Public Relations. Holt, Rinehart & Winston.
Wenger, E. (1998). Communities Of Practice: Learning, Meaning, And Identity. Cambridge University Press.
Firdausy, S.B.K. & Ahmad, M.A. (2025). Strategi Pemasaran Omnichannel: Tinjauan Literatur Terhadap Tren dan Inovasi dalam Pengalaman Konsumen di Era Digital. Jurnal Serambi Ekonomi dan Bisnis, 8(1). https://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ekonomi-dan-bisnis/
Fischela, D. A., & Farida. (2024). Optimalisasi Media Sosial Untuk Meningkatkan Citra Koperasi Di Kalangan Generasi Z. Koaliansi Cooperative Journal, 4(1). https://doi.org/10.32670/koaliansi.v4i1.4754
Sholihah, D.R., Lestari, D.D. & Dafina, R.R. (2025). Pandangan dan Minat Generasi Y dan Z Terhadap Transformasi Koperasi. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen, 6(1). http://ejournal.unma.ac.id/index.php/entrepreneur
Antara News (2024). KemenkopUKM Dorong Modernisasi Koperasi Melalui Pendampingan Digital. https://www.antaranews.com/berita/modernisasi-koperasi-dorongpemberdayaan-ekonomi-digital
Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (2024). Bimtek Duta Muda Koperasi Kota Yogyakarta 2024 Resmi Dibuka: Generasi Z Siap Bawa Koperasi Maju di Era Digital. https://perinkopukm.jogjakota.go.id/detail/index/36105/bimtek-duta-mudakoperasi-kota-yogyakarta-2024-resmi-dibuka-generasi-z-siap-bawa-koperasimaju-di-era-digital-2024-10-15
Indonesian Consortium for Cooperatives Innovation. (2024). Riset ICCI, Hanya 40 Persen Koperasi yang Ramah Anak Muda. https://icci.id/2024/04/24/riset-icci-hanya-40-persen-koperasi-yang-ramahanak-muda/
Infopublik Portal Berita Info Publik. (2025). Kemenkop UKM Perkuat Koperasi Modern melalui Program Pendampingan 2024. https://infopublik.id/kategori/nasional-ekonomi-bisnis/841908/kemenkopukm-perkuat-koperasi-modern-melalui-program-pendampingan-2024
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Book Chapter Universitas Koperasi Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.