Membangun Koperasi Modern: Pendekatan Komunikasi untuk Pemberdayaan Generasi Milenial dan Gen Z

Authors

  • Farida Farida Universitas Koperasi Indonesia

Abstract

Realitas demografi Indonesia menunjukkan peluang besar: menurut proyeksi Badan Pusat Statistik, pada tahun 2024 sekitar 68 persen penduduk Indonesia berada pada usia produktif, didominasi oleh generasi milenial dan Gen Z. Namun, potensi tersebut belum sepenuhnya terwujud dalam dunia perkoperasian. Data terbaru dari Indonesian Consortium for Cooperative Innovation (ICCI) tahun 2024 mengungkapkan, anggota koperasi dari Generasi Z masih sangat rendah, hanya sekitar 6% dari total anggota koperasi nasional, meskipun secara populasi mereka adalah mayoritas. Artinya, dari 100 anggota koperasi, hanya 6 orang yang berusia 12–27 tahun. Sementara itu, jumlah koperasi aktif di Indonesia pada 2024 tercatat sebanyak 130.119 unit, meningkat dari tahun-tahun sebelumnya setelah proses rasionalisasi dan pembubaran koperasi tidak aktif.

References

Blumler, J. G., & Katz, E. (1974). The Uses Of Mass Communications: Current Perspectives On Gratifications Research. Sage Publications.

Menarianti, et.al., (2021). E-Commerce. CV. Eureka Media Aksara.

Grunig, J. E., & Hunt, T. (1984). Managing Public Relations. Holt, Rinehart & Winston.

Wenger, E. (1998). Communities Of Practice: Learning, Meaning, And Identity. Cambridge University Press.

Firdausy, S.B.K. & Ahmad, M.A. (2025). Strategi Pemasaran Omnichannel: Tinjauan Literatur Terhadap Tren dan Inovasi dalam Pengalaman Konsumen di Era Digital. Jurnal Serambi Ekonomi dan Bisnis, 8(1). https://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ekonomi-dan-bisnis/

Fischela, D. A., & Farida. (2024). Optimalisasi Media Sosial Untuk Meningkatkan Citra Koperasi Di Kalangan Generasi Z. Koaliansi Cooperative Journal, 4(1). https://doi.org/10.32670/koaliansi.v4i1.4754

Sholihah, D.R., Lestari, D.D. & Dafina, R.R. (2025). Pandangan dan Minat Generasi Y dan Z Terhadap Transformasi Koperasi. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen, 6(1). http://ejournal.unma.ac.id/index.php/entrepreneur

Antara News (2024). KemenkopUKM Dorong Modernisasi Koperasi Melalui Pendampingan Digital. https://www.antaranews.com/berita/modernisasi-koperasi-dorongpemberdayaan-ekonomi-digital

Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (2024). Bimtek Duta Muda Koperasi Kota Yogyakarta 2024 Resmi Dibuka: Generasi Z Siap Bawa Koperasi Maju di Era Digital. https://perinkopukm.jogjakota.go.id/detail/index/36105/bimtek-duta-mudakoperasi-kota-yogyakarta-2024-resmi-dibuka-generasi-z-siap-bawa-koperasimaju-di-era-digital-2024-10-15

Indonesian Consortium for Cooperatives Innovation. (2024). Riset ICCI, Hanya 40 Persen Koperasi yang Ramah Anak Muda. https://icci.id/2024/04/24/riset-icci-hanya-40-persen-koperasi-yang-ramahanak-muda/

Infopublik Portal Berita Info Publik. (2025). Kemenkop UKM Perkuat Koperasi Modern melalui Program Pendampingan 2024. https://infopublik.id/kategori/nasional-ekonomi-bisnis/841908/kemenkopukm-perkuat-koperasi-modern-melalui-program-pendampingan-2024

Downloads

Published

2025-07-12